Selasa, 13 Desember 2011

Makalah Praktek Laboratorium

BAB I
PEDAHULUAN

  1. Latar Belakang
Laboratorium merupakan salah satu komponen penting dalam menunjang proses belajar mengajar atau proses transfer learning dari guru/dosen kepada peserta didik/mahasiswa sekaligus sebagai penunjang praktikum mata kuliah. Demikian halnya dengan Laboratorium di Jurusan Sosiologi dan Antropologi yang terletak di Gedung C2 lantai 107. Dalam rangka mengembangkan laboratorium, perlu adanya suatu acuan berupa visi, misi dan tujuan yang digunakan agar Laboratorium Jurusan Sosiologi dan Antropologi terus mengalami perubahan ke arah yang lebih baik terutama dalam hal pelayanan agar fungsi dari laboratorium itu sendiri dapat berjalan dengan baik.
Letak ruang laboratorium yang bergabung dengan perpustakaan, hanya dibatasi dengan sekat pemisah dapat memudahkan mahasiswa untuk menikmati fasilitas da sarana prasarana perpustakaan dengan berbagai literatur yang tersedia seperti buku-buku referensi berkaitan dengan bidang Sosiologi dan Antropologi sebagai sumber bahan bacaan mahasiswa. Akan tetapi, selain mahasiswa dapat membaca buku di perpustakaan Jurusan Sosiologi dan Antropologi, mahasiswa juga dapat membaca bahkan meminjam buku di perpustakaan pusat yang terletak di Gedung H.

  1. Rumusan Masalah

Dari latar belakang yang telah dipaparkan di atas, maka dapat dirumuskan beberapa rumusan permasalahan sebagai berikut:
  1. Bagaimana visi, misi, dan tujuan laboratorium jurusan pendidikan Sosiologi dan Antropologi dalam mengembangkan fungsi laboratorium?
  2. Bagaimana fungsi laboratorium jurusan pendidikan Sosiologi dan Antropolgi?
  3. Bagaimana sarana dan prasarana perpustakaan yang tersedia di jurusan Pendidikan Sosiologi dan Antropologi?
  4. Bagaimana struktur organisasi laboratorium jurusan pendidikan Sosiologi dan Antropologi?


  1. Tujuan
Tujuan penulisan makalah ini adalah:
  1. Untuk mengetahui visi, misi, dan tujuan laboratorium jurusan pendidikan Sosiologi dan Antropologi.
  2. Mengetahui fungsi laboratorium jurusan pendidikan Sosiologi dan Antropolgi.
  3. Agar dapat mengetahui sarana dan prasarana perpustakaan yang tersedia di jurusan Pendidikan Sosiologi dan Antropologi.
  4. Untuk mengetahui struktur organisasi laboratorium jurusan pendidikan Sosiologi dan Antropologi.


BAB II
PEMBAHASAN

  1. Visi, Misi, dan Tujuan
  1. Visi
Laboratorium Sosiologi dan Antropologi merupakan ruangan, bangunan dan atau gedung bahkan sekelompok manusia atau lingkungan kehidupan manusia atau lingkungan kehidupan manusia yang dilengkapi dengan alat atau instrument untuk melakukan pekerjaan ilmiah, seperti: pengamatan, penelitian, eksperimen, demonstrasi, workshop dan sejenisnya.
  1. Misi
Laboratorium Sosiologi dan Antropologi menanamkan nilai tambah ketrampilan kepada mahasiswa, khususnya ketrampilan yang berkaitan dengan pengembangan, pengetahuan dan sikap dalam pembentukan kompetensi yang sesuai dengan karakteristik bidang keilmuan sosiologi dan antropologi.
  1. Tujuan
Laboratorium Sosiologi dan Antropologi didirikan untuk berbagai tujuan, antara lain:
  1. Menunjang kegiatan strategi belajar mengajar.
  2. Menunjang pembentukan kompetensi lulusan.
  3. Membantu pelayanan kepada para dosen pengampu mata kuliah, khususnya pelayanan alat peraga dan media
  4. Membantu pelayanan pembekalan kepada dosen pembimbing dan mahasiswa yang akan melakukan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan.
  5. Melayani konsultasi setiap dosen dan mahasiswa dalam pembuatan alat peraga dan media pembelajaran.
  6. Membantu dosen yang akan dan sedang melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama dalam hal penyediaan sarana dan fasilitas penunjang kegiatan yang relevan.
  7. Mendorong aktivitas dan motivasi belajar mahasiswa, sehingga selalu memiliki rasa percaya diri sebagai masyarakat ilmiah.
  8. Melatih dan mengembangkan ketrampilan mahasiswa dalam penggunaan alat laboratorium untuk membuktikan kebenaran secara ilmiah.

    Berdasarkan tujuan di atas, maka Laboratorium Jurusan Sosiologi dan Antropologi berfungsi sebagai learning laboratory dan teaching laboratory, sehingga mempunyai peran yang srategis di dalam pengembangan kompetensi dosen dan mahasiswa, khususnya kompetensi yang berkaitan dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan ketrampilan.

  1. Fungsi Laboratorium
Kita mengetahui bahwa penyelenggaraan pendidikan saat ini berorientasi pada peningkatan kualitas hasil (out come) yaitu bertumpu pada kemampuan otonomi, akuntabilitas, akreditasi, dan evaluasi, maka suatu laboratorium memerlukan sarana prasarana dalam melengkapi dan memanajemen agar semua dapat memadai bagi mahasiswa.
Dalam hal ini FIS UNNES mencoba mengembangkan layanan dalam hubungannya dengan perkembangan akademik untuk keperluan Laboratorium Sosiologi dan Antropologi, ada beberapa layanan yang diberikan, antara lain:
  1. Layanan instruksional yang berfungsi sebagai penunjang pemahaman penguasaan aspek-aspek materi bidang studi.
  2. Layanan media yaitu memberikan atau memfasilitasi bahan dan alat-alat kegiatan praktikum, baik perangkat keras maupun lunak.
  3. Layanan penelitian sebagai pengamatan, penelitian dan pengabdian.
  4. Layanan perpustakaan sebagai tempat bimbingan dan konsultasi.
Keempat layanan tersebut merupakan pendukung PBM berbagai mata kuliah.

 Dahulu Laboratorium Sosiologi dan Antropologi dan segala aktivitasnya bergabung bersama dengan Laboratorium Jurusan Sejarah yang berada di gedung C5 lantai 1. Namun saat ini Laboratorium Jurusan Sosiologi dan Antropologi telah berdiri sendiri dengan menempati gedung C2 ruang 107 seluas 80 m2. Di gedung inilah Laboratorium sosiologi dan Antropologi beraktivitas, dengan membagi dan menata ruang yang terdiri dari ruang micro teaching, ruang perpustakaan, dan ruang laboratorium.
  1. Sarana dan Prasarana Perpustakaan
Jurusan Sosiologi dan Antropologi melengkapi beberapa fasilitas pendidikan untuk menunjang visi, misi, dan tujuan yang diemban, salah satunya adalah perpustakaan. Perpustakaan Jurusan Sosiologi dan Antropologi sebagai salah satu sarana penunjang pendidikan berusaha melengkapi koleksi bahan pustaka.
Mahasiswa Jurusan Sosiologi dan Antropolgi dapat menggunakan fasilitas perpustakaan pusat di Gedung G dan perpustakaan yang berada di Fakulas Ilmu Sosial, serta perpustakaan Jurusan Sosiologi dan Antropologi. Perpustakaan yang dikelola oleh Jurusan Sosiologi dan Antropologi khusus menyediakan buku-buku yang memadai dan mendukung proses belajar mengajar pada bidang Sosiologi dan Antropologi. Jenis dan jumlah buku yang dimiliki oleh perpustakaan Jurusan Sosiologi dan Antropologi dapat dilihat pada tabel berikut:

LAPORAN DATA EVALUASI PERPUSTAKAAN
SOSIOLOGI ANTROPOLOGI
SAMPAI DENGAN JANUARI TAHUN 2011
No.
Keterangan
Jumlah Judul
Judul Eksemplar
Ket
1.
Skripsi
480
480
Baik
2.
Proposal
516
516
Baik
3.
Majalah
105
105
Baik
4.
Penelitian Mahasiswa
23
23
Baik
5.
Penelitian Dosen
11
24
Baik
6.
Makalah
71
74
Baik
7.
Jurnal
40
80
Baik
8.
Referensi
27
32
Baik
9.
Laporan PPL
14
14
Baik
10.
Laporan KKL
21
21
Baik
11.
Tesis
2
2
Baik
12.
Portofolio
3
3
Baik
13.
Buku Teks
958
2124
Baik
14.
Rata-rata pengunjung per hari
30-60 mahasiswa



Koleksi bahan pustaka tersebut diharapkan dapat membantu dosen dan mahasiswa Jurusan Sosiologi dan Antropologi dalam proses belajar mengajar. Pengelolaan perpustakaan jurusan selalu berusaha agar setiap mata kuliah yang diajarkan mendapat bahan-bahan pustaka yang dibutuhkan, namun sampai saat ini penyediaan bahan pustaka untuk setiap mata kuliah masih jauh dari cukup dengan distribusi yang tidak merata.

  1. Struktur Organisasi Laboratorium
Laboratorium jurusan merupakan bagian dari organisasi jurusan yang berfungsi sebagai penunjang Tri Dharma yang dipimpin oleh seorang Kepala Laboratorium. Kepala Laboratorium dalam menjalankan tugasnya berkoordinasi dengan pimpinan jurusan, yaitu Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan serta Dosen-Dosen Jurusan Sosiologi dan Antropologi. Hubungan Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Kepala Laboratorium dan Dosen, dapat dilihat dalam struktur diagram berikut:

BAGAN STRUKTUR ORGANISASI
JURUSAN SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOGI

1. DOSEN

2. SEKRETARIS JURUSAN

3. KETUA JURUSAN

4. KEPALA LABORATORIUM



BAB III
PENUTUP
  1. SIMPULAN
Laboratorium Sosiologi dan Antropologi memiliki visi dan misi sebagai ruangan yang dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan ilmiah dengan menenamkan nilai dan ketrampilan. Laboratorium Jurusan Sosiologi dan Antropologi berfungsi sebagai learning laboratory dan teaching laboratory. Adapun sarana dan prasarana perpustakaan yaitu menyediakan buku-buku dalam bidang Sosiologi dan Antropologi dengan jenis buku referensi, ensiklopedia, buku penunjang, dan skripsi. Adapun struktur organisasi laboratorium terdiri atas Ketua, Sekretaris, Kepala Laboratorium, dan Dosen.
  1. SARAN
Sekarang ini Laboratorium Sosiologi dan Antropologi semakin berkembang dari tahun ke tahun. Diharapkan untuk kedepannya jurusan Sosiologi dan Antropologi segera mempunyai ruangan tersendiri khusus untuk ruang laboratorium sehingga terpisah dari ruang perpustakaan sehingga fungsi laboratorium akan dapat dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin.

0 komentar:

Poskan Komentar